Penerapan Teknologi Informasi Dalam Pelestarian Koleksi Local Content Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat

0
627

A.  Penerapan Teknologi Informasi

Pelestarian koleksi local content dengan cara alih media yang dilaksanakan oleh Bidang Pelayanan Perpustakaan telah menerapkan teknologi informasi hampir dari semua prosedur operasional alih media.

Hal ini dapat dijelaskan berdasarkan komponen teknologi informasi perpustakaan yang terdiri dari berbagai unsur yang saling berkaitan yaitu, hardware, software, user (pengguna), network (jaringan), dan data.

1.            Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat keras yang mendukung pelaksanaan alih media yaitu, scanner (pemindai) 1 Unit, komputer 1 Unit dan Komputer Server 1 Unit.

1.1.Scanner (Pemindai)

Scanner digunakan pada tahap digitalisasi, yaitu untuk pengambilan objek digital. Scanner yang digunakan adalah AtiZ BookDrive Pro. Perangkat ini memanfaatkan Kamera digital dalam pengambilan objek yang dikombinasikan dengan sofware book capture.

Perangkat BookDrive memungkinkan pengguna untuk mengonversi buku ke format digital dengan kecepatan tinggi. BookDrive menyertakan dudukan berbentuk V yang unik dan panel transparan yang menekan buku dan bekerja bersama sebagai sandwich berbentuk V. Perangkat ini sangat ramah pengguna dan mudah untuk bekerja dengan buku; selain itu, halaman yang dipindai selalu lurus dan tanpa lengkungan.

Scanner ini memiliki keunggulan diantaranya Memindai buku hingga format maksimal 2 x A2, Dimensi pemindaian: 2 x 42 cm x 61,5 cm, Ketebalan buku maks: 12 cm, Kecepatan pindai maks: 1.000 halaman / jam dan Pencahayaan: Panel pencahayaan LED.

1.2.Komputer (PC)

Untuk tahapan digitalisasi, komputer digunakan untuk proses pengambilan objek yang dikoneksikan dengan scanner, proses koreksi atau pengeditan objek digital, konversi file digital (pembuatan file turunan dan file master). Sedangkan untuk tahapan pasca digitalisasi digunakan untuk proses kompilasi file atau penyatuan kembali file-file digital menjadi satu kesatuan buku elektronik,  konversi file image manjadi format karakter, sehingga informasi yang ada didalamnya dapat ditelusur, proses pembuatan flipping book document, dan proses upload file digital.

NoSpesifikasi
1Processor : : Intel Core i7-3770 CPU 3.40 GHz
2Memory : 4 GB
3Hardisk : 2TB
4VGA : NVIDIA GeForece GT630
5SO : Windows

1.3.Komputer Server

Komputer server digunakan untuk Sistem Otomasi Perpustakaan dan merupakan pangkalan data untuk menyimpan hasil dari alih media. Hal ini dilakukan pada tahap pasca digitalisasi. Komputer server yang digunakan yaitu Dell PowerEdge R730.

2.    Sofware (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak berperan dalam seluruh tahapan alih media, baik itu dalam tahapan pra digitalisasi, tahapan digitalisasi maupun dalam tahapan pasca digitalisasi. Perangkat lunak tersebut adalah :

2.1 BookDrive Capture

BookDrive Capture merupakan aplikasi pendukung dari scanner ATIZ BookDrive Pro. Aplikasi ini digunakan untuk menangkap objek digital yang diambil oleh scanner. Setelah bahan pustaka diletakkan di scanner, proses pengambilan objek digital dilakukan, dan aplikasi merekam dan menampilkan hasil tangkapan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat melakukan pemotongan objek otomatis. Teknik penangkapan objeknya pun bermacam. Dari mulai dengan menekan tombol enter di keyboard, dengan menggunakan timer yang dapat disesuaikan, sampai dengan tangkapan otomatis ketika bilah penekan bahan pustaka diletakkan.

2.2. BookDrive Editor Pro

Aplikasi yang merupakan paketan dari scanner dan BookDrive Capture ini digunakan pada tahapan digitalisasi yaitu pada proses koreksi atau pengeditan objek digital. Selain itu, juga digunakan untuk konversi file digital dan kompilasi file digital ke format PDF pada Tahapan pasca digitalisasi.

Aplikasi ini dapat dengan otomatis mengkoreksi kemiringan, croping dan menyeleksi warna. Sehingga pekerjaan koreksi dapat cepat dilaksanakan. Dengan menerapkan satu pengaturan, semua file digital yang dipilih dapat dikoreksi dengan cepat.

2.3 Adobe Acrobat

Aplikasi ini digunakan pada tahapan pasca digitalisasi yaitu pada proses konversi file format image menjadi format karakter. Proses pengubahan file gambar hasil foto menjadi format text atau karakter dilakukan supaya informasi yang ada didalam dokumen digital tersebut dapat ditelusur serta di index. Hasil alih media yang telah dikompilasi merupakan file dengan format gambar, untuk bisa melakukan pencarian dilakukanlah perubahan format karakter.

2.4. Flip PDF

Hasil dari kompilasi file digital dengan format PDF yang telah diubah ke format karakter dimasukkan ke aplikasi Flip PDF untuk membuat format flip book. Sehingga file digital tersebut dapat berbentuk seperti buku. Ini dilakukan pada tahapan pasca digitalisasi yaitu pada proses pembuatan flipping book. Hasil dari pengolahan pada aplikasi ini didapatlah format file html yang dikompresi menjadi format ZIP.

2.6. Sistem Otomasi Perpustakaan

Sistem Otomasi Perpustakaan yang menggunakan Aplikasi Inlislite digunakan dalam proses alih media pada tahapan pra digitalisasi yaitu proses memasukan metadata berupa deskripsi bibliografi atau katalog. Pada proses ini, pustakawan memasukkan informasi bibliografi ke pangkalan data melalui aplikasi ini dengan tujuan mudah untuk penelusuran baik itu bagi petugas maupun masyarakat.

Selanjutnya aplikasi ini juga digunakan pada tahapan pasca digitalisasi yaitu memasukkan hasil alih media ke pangkalan data. Format yang dimasukkan adalah html yang dikompresi menjadi format ZIP.

Tampilan File Digital yang telah di upload

Selain itu, sistem otomasi perpustakaan juga menampilkan hasil alih media dalam layanan koleksi digital yang bisa diakses masyarakat secara offline digedung layanan perpustakaan.

Tampilan Metadata dalam penelusuran katalog
Tampilan Flip Book yang siap dilayankan

2.7. Sistem Informasi Perpustakaan Digital “iKalbar”

Sama seperti sistem otomasi perpustakaan, sistem ini juga digunakan untuk pencatatan deskripsi bibliografi, upload file digital hasil alih media dan layanan perpustakaan. Bedanya, file digital yang diupload dengan format PDF dan layanannya berlangsung secara Online. Perpustakaan Digital ini terdapat dua versi yaitu versi android dan versi dekstop.