Frequently Asked Questions (FAQ)

Kapan jadwal jam Layanan Perpustakaan Kalbar?

  • Senin – Kamis dan Sabtu : 08.00 WIB s.d 15.30 WIB
  • Jum’at 08.00 WIB s.d 16.00 WIB (istirahat 11.00 WIB s,d 13.30 WIB)

Hari Minggu dan Hari Libur Nasional / Cuti Bersama TUTUP

Apa saja layanan yang diberikan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat ?

Layanan baca ditempat, layanan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian), Layanan Keanggotaan, Layanan Bebas Pinjam Perpustakaan, Layanan Referensi, Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Anak, Layanan Bimbingan pemustaka, Layanan Internet dan Layanan Perpustakaan Digital

Berapa jumlah biaya untuk mendapatkan layanan perpustakaan?

Semua bentuk layanan di Perpustakaan Kalbar tidak dipungut biaya (Gratis)

Apa itu layanan baca ditempat?

Layanan baca di tempat adalah layanan perpustakaan yang memperbolekan pemustaka untuk memanfaatkan koleksi di ruang baca. Setiap pengunjung (Pemustaka) boleh memanfaatkan layanan baca ditempat.

Bagaimana cara melakukan penelusuran koleksi?

Penelusuran koleksi dapat dilakukan di Komputer yang tersedia di Perpustakaan Kalbar.

Apa syarat dalam peminjaman koleksi di Perpustakaan Kalbar ?

Pemustaka yang berhak mendapatkan layanan peminjaman koleksi merupakan pemustaka yang sudah menjadi anggota perpustakaan dengan status aktif

Apa saja jenis koleksi yang dapat dipinjam?

Jenis koleksi yang dapat dipinjam terdiri dari koleksi umum dan koleksi anak.

Berapa banyak koleksi yang bisa dipinjam ?

Setiap pemustaka berhak meminjam koleksi paling banyak 5 (lima) judul.

Berapa lama masa peminjaman koleksi ?

Masa peminjaman koleksi adalah 14 (empat belas) hari dan dapat diperpanjang 2(dua) kali masa peminjaman

Apakah terdapat sanksi keterlambatan pengembalian koleksi ?

Ada sanksi keterlambatan. Sanksi keterlambatan mengembalikan koleksi berupa suspend. Contoh, terlambat 1 hari, tidak bisa meminjam selama 1 hari, terlambat 2 hari tidak bisa meminjam selama 2 hari, dan seterusnya.

Apa saja syarat untuk menjadi anggota Perpustakaan ?

  • berdomisili di Pontianak
  • mengisi formulir pendaftaran
  • fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi pelajar/mahasiswa
  • pas foto berwarna ukuran 3 x 4 : 1 Lembar
  • melampirkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) orang tua bagi siswa TK,SD dan SMP / yang belum memiliki KTP

Dimana tempat pendaftaran anggota perpustakaan ?

Di loket pendaftaran Gedung Perpustakaan Kalimantan Barat

Berapa lama masa berlaku keanggotaan perpustakaan?

Masa berlaku keanggotaan Perpustakaan Kalbar selama 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang kembali

Apa itu layanan bebas pinjam perpustakaan?

Layanan bebas pinjam perpustakaan adalah surat keterangan yang diberikan perpustakaan kepada anggota yang sudah tidak memiliki pinjaman koleksi. Syarat pembuatan surat keterangan berupa fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Anggota perpustakaan kalbar (jika menjadi anggota perpustakaan kalbar)

Apa itu layanan referensi?

Layanan referensi adalah layanan rujukan yang mempergunakan koleksi referensi.
Jenis koleksi yang dilayankan terdiri dari kamus, ensiklopedi, direktori, almanak, handbook, buku petunjuk, biografi, atlas dan peraturan perundang-udangan.
Koleksi referensi hanya dipergunakan bagi pemustaka baca ditempat dan digandakan/fotocopy

Bagaimana cara untuk menggandakan/fotocopy buku di Perpustakaan Kalbar?

Pemustaka membawa buku ke petugas sirkulasi/petugas ruangan dan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli sebagai jaminan.

Apakah di Perpustakaan Kalbar terdapat akses internet?

Di Perpustakaan Kalbar terdapat akses internet disetiap lantai yang dapat digunakan oleh semua pengunjung perpustakaan kalbar.
Selain itu, juga terdapat komputer untuk pengunjung yang terdapat pada ruang layanan internet di lantai 2.

Bagaimana cara mengetahui layanan perpustakaan digital “iKalbar” ?

Untuk mengetahui lebih jelas tentang perpustakaan Digital iKalbar dapat mengujungi www.ikalbar.moco.id

KEARSIPAN