Pameran Galeri Arsip, Wakil Gubernur Kalbar Ingatkan Pentingnya Arsip Daerah untuk Lestarikan Sejarah

0
21

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan membuka acara pameran Galeri Kearsipan yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar, Senin 15 Agustus 2022.

Pameran Arsip tahun ini digelar rangkaian dari acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -77 Republik Indonesia dengan tema “Arsip merupakan simbol pemersatu dan memori kolektif bangsa”.

Wakil Gubernur KalbarRia Norsan mengapresiasi kegiatan ini dan mengatakan betapa pentingnya suatu arsip sebagai memori untuk mengingat bagaimana sejarah bangsa di jaman dahulu.


“Pada jajaran Pemerintah kita turut peduli bagaimana kita dapat melestarikan Sejarah Arsip, karena dengan Sejarah Arsip ini kita bisa melihat dan membaca bagaiamana sejarah bangsa kita dahulu. Bisa dilihat dari galeri foto- foto di ruangan ini yang sangat penting sekali,”ujarnya.


Selain sebagai pengingat sejarah dan menanam rasa nasionalisme kepada anak bangsa, Wagub Ria Norsan juga berharap para instansi di Pemprov Kalbar harus peduli dengan pentingnya Arsip.

“Kalau dulu Arsip biasanya melalui file dan menggunakan kertas dan sebagainya, yang terkadang sering dimakan rayap dan warna yang berubah,”ungkapnya.

Namun berbeda di era sekarang yang lebih canggih dengan menggunakan digitalisasi. Sehingga dokumen penting bisa diarsipkan secara digital.

“Nah dengan digital ini bisa menghemat waktu dan biaya, serta bisa lebih cepat kerjanya tinggal klik nama file sudah bisa langsung baca,”tegasnya.

Wagub Ria Norsan ingatkan kepada para Perangkat Daerah untuk tertib arsip agar mempermudah pemeriksaan dan penilaian untuk zona integritas.

“Saya minta agar tiap instansi membuat daftar arsip tersendiri, berupa daftar berkas dan isi berkas secara kolektif,”ujarnya.

Selain itu, ketika seseorang mengetahui sejarah, ia bisa ikut serta memperkenalkan dan menceritakan kepada anak-anak bangsa yang lainnya, supaya akan tertanam di jiwanya rasa kebangsaan yang sangat tinggi.

“Selama ini kita lihat anak-anak bangsa kita lebih cenderung ke sosmed. Maka dengan sejarah arsip inilah kita dapat mengetahui sejarah,”ungkap Wagub Ria Norsan.

Maka ditegaskannya Galeri Arsip ini sangat penting sekali untuk melestarikan sejarah dan budaya yang ada di Kalbar.

“Di momen kemerdekaan ini momentum kita untuk melihat Arsip perjuangan pahlawan kita. Sebagaimana anak bangsa mengenang sejarah dan kedepan bagaimana mengisi kemerdekaan dengan pembangunan sesuai bidang masing-masing untuk membangun bangsa,”pungkasnya. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Pameran Galeri Arsip, Ria Norsan Ingatkan Pentingnya Arsip Daerah untuk Lestarikan Sejarah, https://pontianak.tribunnews.com/2022/08/15/pameran-galeri-arsip-ria-norsan-ingatkan-pentingnya-arsip-daerah-untuk-lestarikan-sejarah.
Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini