Gelar Galeri Pameran Arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tampilkan Maskot Pejuangan Mandor

0
17

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Galeri Pameran Arsip yang akan berlangsung mulai hari ini sampai 18 Agustus 2022 di Lantai dua Gedung Kearsipan Provinsi Kalbar.

Pameran Arsip digelar dalam rangkaian dari acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -77 Republik Indonesia dengan tema “Arsip merupakan simbol pemersatu dan memori kolektif bangsa”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi mengatakan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke pameran dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Dijelaskannya bahwa ada 3 kelompok Arsip yang dipamerkan di Galeri tersebut. Pertama yang menjadi maskot adalab Tragedi Mandor.

Lalu yang kedua tentang sejarah-sejarah keraton yang ada di Kalbar, dan yang ketiga adalah dokumen foto tentang para pejabat baik mulai dari gubernur, wakil gubernur, sekda dan juga dari foto-foto pejabat di kabupaten/kota.

“Tujuan kita memamerkan arsip ini, terutama menyasar kepada generasi penerus bangsa supaya mengetahui sejarah perkembangan dari masa ke masa terkait Pemerintahan di Kalbar,”ujarnya.

Dimana dulunya dimulai dari kerajaan- kerajaan berubah menjadi NKRI. Dikatakannya dilihat dari para korban mandor, berarti menunjukan ada kekejaman di daerah tersebut, atau karena peristiwa untuk meraih kemerdekaan oleh tokoh-tokoh di Kalbar, dimana mereka yang berintelektual dibunuh secara sadis.

“Karena hal ini tentunya harus diketahui oleh generasi kita sehingga ini bisa membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bahwa kemerdekaan ini diraih tidak dengan cara yang mudah, tetapi dengan perjuangsn yang sangat keras,”ungkapnya.

Sedangkan untuk para OPD Pemprov Kalbar, ia memohong dukungan untuk seluruhnya dalam rangka penerapan sistem informasi yang dinamis, terintegrasi atau Srikandi.

“Jadi mohon dukungannya para operator OPD, segera menginput struktur organisasi beserta nama pejabat dan stafnya, karena itu diperlukan kalau sudah kita mulai dalam aplikasi Srikandi ini,”pintanya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menggandeng Kominfo, Adpim Pemprov Kalbar dalam menjalankan Aplikasi Srikandi.

“Nanti sama -sama kita input kode klasifikasi surat. Kita juga sedang menunggu sistem keamanan akses arsip dinamis ( SKAD ). Ini juga sedang kita betulkan dan mudah -mudahan dalam waktu September selesai,”

Lalu pada Oktober -Desember akan dilakukan ujicoba kepada OPD untuk menciptakan Arsip Dinamis. SKAD ini akan dilaunching saat HUT Pemprov tahun depan.

“Sehingga kita bisa menggunakan aplikasi Srikandi agar bisa kerja dimanapun, pimpinan bisa tandatangan digital, surat bisa secara email maupun langsung pakai whatsapp. Sehingga kita bisa mengurangi biaya kertas. Selain itu pelacakan surat gampang, semua terekam,”pungkasnya. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Gelar Galeri Pameran Arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tampilkan Maskot Pejuangan Mandor, https://pontianak.tribunnews.com/2022/08/15/gelar-galeri-pameran-arsip-dinas-perpustakaan-dan-kearsipan-tampilkan-maskot-pejuangan-mandor.
Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini