Keputusan Gubernur Nomor 1039/RO-ORG/2022 tentang Inovasi Pelayanan Publik pada Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

0
19
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 7
  • File Size 4 MB
  • File Count 1
  • Create Date 23 Oktober 2023
  • Last Updated 24 Oktober 2023

Keputusan Gubernur Tentang Inovasi Pelayanan Publik pada Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam keputusan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat berkontribusi dalam inovasi pelayanan publik sebanyak 5 (lima) buah inovasi yang terdiri dari :

1. Aksi Pemuda (Akses Internet Perpustakaan Mudah dan Cepat) dengan Aplikasi Kunang-Kunang. Inovasi ini memungkinkan bagi pengunjung / pemustaka untuk mendapatkan layanan internet / akses internet dengan mudah dan cepat yang memanfaatkan Sistem Manajemen Internet Perpustakaan (Aplikasi Kunang-Kunang) yang terintegrasi dengan Sistem Otomasi Perpustakaan.

2. Permohonan Surat Bebas Pustaka Online. Inovasi ini dibuat untuk pemustaka yang berstatus mahasiswa dalam melakukan permohonan surat bebas pustaka. Pemohon tidak perlu lagi datang ke Gedung Pelayanan Perpustakaan karena semua proses secara online dari permohonan sampai dengan penerbitan surat bebas pustaka.

3. Struk Digital Layanan Sirkulasi Perpustakaan. Inovasi ini dibuat untuk pemustaka yang melakukan peminjaman, perpanjangan masa peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Struk digital yang terintegrasi dengan Sistem Otomasi Perpustakaan ini dikirim melalui pesan whatsapp sebagai bukti transaksi.

4. Sistem Penagihan Koleksi Perpustakaan (Teman Kita). Inovasi ini juga memanfaatkan Whatsapp sebagai media komunikasi untuk melakukan penagihan koleksi perpustakaan bagi pinjaman yang telah melewati jatuh tempo dan pengingat bagi pinjaman yang belum jatuh tempo. Dengan Sistem yang terintegrasi dengan Sistem Otomasi Perpustakaan, pemustaka dapat terhindar dari sanksi sehingga dapat terus memanfaatkan layanan perpustakaan.

5. Perpustakaan Digital iKalbar. Perpustakaan digital ini memberikan akses yang lebih luas kepada koleksi buku dan sumber daya elektronik. Perpustakaan Digital yang dapat diakses melalui perangkat Android dan Dekstop Ini memungkinkan masyarakat untuk membaca dan belajar secara daring, memenuhi kebutuhan literasi modern.