Perpustakaan provinsi kalbar gelar kegiatan workshop akreditasi perpustakaan 2024

Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar acara Workshop Akreditasi Perpustakaan se-Kalimantan Barat 2024 pada Rabu, 16 Oktober 2024. Acara ini diselenggarakan di Aula Lantai 3, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, yang berlokasi di Jalan Sutoyo, Pontianak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi, menyampaikan bahwa acara tersebut dihadiri oleh 95 peserta yang merupakan pengelola perpustakaan dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat.

Menggunakan anggaran dekonsentrasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, tujuan utama dari workshop ini adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi di Kalimantan Barat. "Kami ingin memperkuat pembinaan dan pengembangan perpustakaan agar menjadi tempat belajar yang mendukung terciptanya budaya literasi di masyarakat," ujar nya.

Selain itu, workshop ini diharapkan dapat meningkatkan mutu perpustakaan di seluruh provinsi, sehingga kualitas pelayanan perpustakaan semakin membaik. Sugeng Hariadi menekankan bahwa kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para pengelola perpustakaan untuk memperbaiki dan mencapai akreditasi. "Bagi perpustakaan yang belum terakreditasi, ini adalah kesempatan untuk mengetahui aspek yang masih kurang dan memperbaikinya," jelasnya.

Sugeng Hariadi juga menjelaskan bahwa Standar Nasional Perpustakaan mencakup beberapa aspek, seperti standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, serta pengelolaan dan penyelenggaraan.

"Dengan memenuhi standar-standar ini, kami berharap literasi di Kalimantan Barat terus meningkat. Kami mendorong para pengelola perpustakaan untuk lebih berani mengikuti akreditasi," tutup nya. 

17 October 2024