Mempawah.  Bupati Mempawah Erlina mengatakan dengan giat membaca bisa merubah hidup seorang secara drastis dan telah terbukti kebanyakan orang cerdas dan kaya memiliki hobi membaca.

“Membaca juga dapat memperluas wawasan dan menambah pemikiran baru, serta dapat menjadi penyemangat dalam beraktivitas.”

Dia sangat mengapresiasi kegiatan wisata literasi nasional 2019 tersebut upaya untuk menumbuhkan minat baca dimasyrakat, dia optimistis bila kebiasan membaca ditingkatkan maka akan berdampak besar bagi daerah mempawah.Pada kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari kalangan pelajar, akademisi dan masyrakat lainnya dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar.

Erlina mengatakan drinya tentu mengapresiasi kegiatan tersebut,apalagi mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berbagi pengalaman dengan najwa sihab.

“Saya sejak walikota sudah ada wisata literasi makanya setiap taman dikota pontianak ada taman baca,”ujarnya.

Sutarmidji menjelaskan kedepan dia akan membuat program pemprov kalbar untuk meningkatkan minat baca untuk masyrakat. Hal ini sejalan dengan target kita menciptakan desa mandiri di kabupaten/kota.Karena salah satu indikator desa mandiri antara lain menyiapkan perpustakan setiap desa, posyandu dan tempat publik ada rumah baca, nah kita lengkapi literaturnya aar anak-anak bisa membaca.Kedepan kita akan memiliki perpustakaan digital dan itu bisa disakses semua orang karena hak cipta telah dibayar oleh negara,kita ingin memperbanyak perpustakaan digital, rumah baca, buku digital disetiap taman dan publik di Kalbar nantinya pungkas Sutarmijdi.

Sumber : Tribun Pontianak