Mempawah-RK. Bupati Mempawah.Hj.erlina,sh.mh menghadiri acara wisata literasi nasional 2019 yang berlangsung dipendopo gubernur Kalbar.

Pemerintah kabupaten mempawah memberikan apresiasi terhadap upaya menumbuhkembangkan budaya membaca dimasyrakat.

Menurut erlina buku merupakan salah satu sumber segala ilmu pengetahuan.selain memperluas wawasan dan pemikiran baru,membaca juga dapat menjadi hiburan,penambah semanat dalam berktivitas.

Lebih jauh erlina berpandangan membaca dapat meruah hidup secara drastis,tidak sedikit orang yang memiliki membaca akn memiliki tingkat kemampuan dan kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang malas membaca.

Sementara itu Gubernur Kalbar, H,Sutarmiji menjelaskan kegiatan wisata literasi nasional2019 tersebut dirangkaikan dengan launching 1000 buku karya pelajar dan guru-guru se-Kalbar.

“Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara FIM dan perpustakaan nasional Indonesia dalam mendorong minat baca masyrakat sejak dini hingga dewasa,bahkan menjadikan gaya hidup masyrakat,”

Sewaktu enjadi walikota pontianak,dirinya rutin melaksanakan wisata ketaman kota.

“Kedepan saya berencana akan membuat program khusus untuk meningkat minat masyrakat,yakni dengan menyiapkanperpustakaan disetiap desa dikalbar mulai dari balai desa,posyandu hingga fasilitas publi akan dibangun rumah baca yang dilengkapi dengan literatur berkualitas,”paparnya.

Tak hanya itu,Gubernur mengungkapkan,pihaknya memperioritaskan peningkatan mutu dan kuawalitas sumber daya manusia(SDM) yang unggul,maka kedepan pemprov kalbar akan memiliki perpustakaan digital.”perpustakaan digital tersebut bisa diakses semua orang.karena hak cipta telah dibayar oleh negara.”pangkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri kepala perpustakaan RI,Muh Syarif Bando,diretur forum indonesia membaca (FIM),Fakhrul Arrazi,duta baca indonesia,Nazwa sihab,sejumlah kepala daerah,akademisi,pelajar dan elemen masyrakat lainnya.

Sumber : Rakyat Kalbar