Melawi – RK. Dinas kearsipan daerah (arpusda) melawi menggelar lomba bercerita,kamis pagi (5/9) diaula pertemuan hotel cantika nagapino.yang menjadi peserta dalam perlombaan tersebut para pelajar sekolah dasar(SD) dan madrasay Ibtidahiyah (MI) yang ada nagapino kabupaten melawi.

“Menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kegiatan lomba bercerita adalah untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media.Selain itu juga untuk menanam kan cinta kebudayaan bangsa,persatuan kesatuan serta nasinalisme dan menarik minat baca anak-anak tentang buku cerita,”kata kasi pembinaan dan pengawasan sistem perpustakaan Arpusda melawi,Vivi suryanti.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut peserta yang ikut dalam lomba berjunlah 16 orang.Dimana pesrta itu harus bersaing dalam kompetisi lomba bercerita tentang legenda atau cerita rakyat daerah melawi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun.

Sementara itu kepala dinas arpusda melawi,paulus mengatakan,kegiatan lomba bercerita pada dasarnya merupakan salah satu bentuk iktiar dalam rangka menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan membaca sejak dini bagi anak-anak.

“Saya sangat mengapresiasi  penyelenggaraan ini sebagai wahana kita untuk menjaring serta menciptakan siswa siswi yang berbakat dan berkualitas.sehingga nantinya siap berkompetisi dalam event yang lebih besar dengan skala yang lebih luas,”ujarnya.

Pad kesempatan itu paulus juga mengatakan,adanya perkembangan zaman pada anak-anak.

Pada perlombaan bercerita tersebut,juara 1 jatuh pada undian 11 dari SDN 13 Nangapinoh.

Juara 2 nomor undian 7  dari SDS yos sudarso nanga pinoh, juara 3 undian 10 juga dari SDS yos sudarso.

Sementara untuk juara harapan 1 diraih peserta nomor undian 6 SDN 15 nangapinoh dan juara harapan 2 nomor undian 5 yakni SDN 03 Nanga pinoh.

Sumber : Rakyat Kalbar