SAAT memasuki kawasan gang kamboja kelurahan benua melayu laut kecamatan pontianak selatan,akan disugukan pemandangan rumah warga yang semula bercat polos,berubah total dengan hiasan mural berwarna warni yang memberinuansa baru dan menarik.

Kawasan ini konsep pesona kampung kamboja yang diharapkan dapat menjadi destinasi menarik wisatawan.

Walikota pontianak mengapresiasi gagasan penataan kampung kamboja ini.”Nanti mungkin atapnya dicat warna warni kalau orang yang berkunjung disini berfoto dan di share dimedia sosial,bukan tidak mungkin menjadi viral dan mengundang rasa penasaran orang untuk berkunjung ke sini,”ujarnya.

Para camat dan lurah khususnya wilayah kerjaan nya mencakup kawasan waterfront,dimita untuk terus melakukan kreativitas dan inovasi.Bagi warga di sekitar waterfont yang memiliki potensi edi meminta lurah untuk mendatanya sehingga pemkot katanya bisa memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan  warga,terutama program-program berkaitan dengan ekonomi kreatif (ekraf).

Kawasan kampung kamboja yang bersih,tertata rapi dengan penghijauan nya ini akan dinilai menjadi daya tarik bagi masyrakat untuk berkunjung ke kampung kamboja.

Bagi rumah-rumah lama yang memiliki nilai sejarah,pihaknya akan coba mendata untuk menjadikan nya sebagai rumah budaya.Rumah-rumah tua tersebut dijaga agar tidak berubah bentuknya,tetapi pungsi bangunannya bisa tetap bisa digunakan.

Menurutnya rumah-rumah tersebut tidak harus di bongkar atau membangun baru dengan perubahan yang drastis,tetapi cukup di perbaiki dan ditata.

Tahun depan pembangunan waterfont akan dilanjutkan hingga kekapuas indah.selanjutnya diteruskan sampai keimam bonjol.”Semua akan merasakan dampak positifnya dengan adanya pembangunan waterfront dan promenade supaya masyrakat bisa sejahterah,” pungkasnya.

Sumber : Pontianak post