Peran Arsip Mengedukasi Masyarakat

0
98

Sekarang arsip merupakan salah satu bagian dari dimensi nilai reformasi birokrasi. tata kelola pengarsipan harus dikelola dengan baik karena memiliki nilai penting dalam pembangunan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sugeng Hariyadi mengatakan pentingnya kearsipan dalam proses pembangunan daerah membuat tata kelola arsip harus optimal. Sebab arsip penting sebagai basis data dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

Arsip itu sekarang sudah juga menjadi salah satu nilai dalam reformasi birokrasi. jadi kita dalam tata kelola ini memang harus ditingkatkan. Arsip ini harus dikelola dengan baik

Sugeng Hariadi

Sugeng Hariadi menegaskan poin lainnya adalah arsip menjadi acuan dalam menentukan arah pembangunan sebab basic dari pelaksanaan program kerja berkelanjutan adalah berdasarkan data-data yang ada sebelumnya. Karena itu kearsipan ini memiliki peran penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena menjadi pusat atau sentra bank data semua kejadian masa lalu dan perencanaan masa yang akan datang itu.

Kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan Kalbar Sugeng Haryadi menegaskan pihaknya terus melakukan inovasi terhadap tata kelola pengarsipan termasuk pemanfaatan teknologi. begitu juga terkait tempat penyimpanan data yang dibangun khusus agar arsip dapat bertahan dan berbentuk utuh untuk dapat digunakan kapan saja sebagai basic data sebuah kegiatan.