SIANG itu beberapa remaja memasuki kantor Perpustakaan Kabupaten Landak dan mulai memilah-milah buku yang hendak mereka baca. Mereka terlihat asyik sendiri dengan buku di depan hadapan mereka masing-masing di meja besar berukuran dua kali meja pingpong itu.

Suasana perpustakaan agaknya akan bertambah ramai. Apalagi ketika jam pulang sekolah para siswa berbondong-bondong memasuki ruangan perpustakaan di jalan Pangeran Cinata Ngabang ini. Sore hari, siswa memiliki waktu sekiranya tiga sampai empat jam untuk menikmati buku di perpustakaan. Lantaran jam buka perpustakaan masih mengikuti jam buka perpustakaan masih mengikuti jam kantor yakni dari pukul 8.00 pagi hingga 16.00 sore harinya.

Salah seorang pengunjung perpustakaan, Hendri (15) mengatakan, ia seringkali mengunjungi perpustakaan untuk sekedar membaca buku-buku kegemarannya. “Suasana perpustakaan kini jadi lebih nyaman untuk membaca,”katanya.

Sementara pengunjung lain, Nisa (14) walau tak setiap hari ia juga diimbau oleh para guru untuk mengajak teman-teman lain untuk mulai gemar membaca di perpustakaan.” Beberapa hari sekali bersama teman-teman sekolah main ke sini. Kadang baca buku cerita, satu mengerjakan PR,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Landak, Ursus Kepada Pontianak Post, Senin (4/2) lalu mengatakan. Hingga saat ini fasilitas sudah terpenuhi  termasuk pegawai dan staf yang siap melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya perubahan ruangan ini, ia harapkan jumlah pengunjung dapat meningkat. “Perpustakaan mengalami perkembangan yang sangat signifikan, “ katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan dengan semangat baru dan tanggung jawab yang diemban Dinasnya tersebut harus dapat mendukung mencerdaskan anak bangsa.” Semangat ini harus dipertahankan sehingga bisa memberikan motivasi masyarakat dalam membaca bisa terlayani meski belum samaksimal,”katanya.

Sementara saat ini minat pembacanya dinilai cukup tinggi. Paling tidak terdapat adanya peningkatan. Menurut data terakhir,diPerpustakaan Ngabang terdapat 21682 eksemplar buku. Dengan 6350 judul buku. Data pengunjung yang masuk tiap harinyapun terus meningkat dari 10-20 pengunjung naik hingga mencapai sekira 40 pengunjung tiap harinya.

Menurutnya belakangan ini banyak dari kalangan perguruan tinggi dan pelajar yang menyambangi perpustakaan,tapi bukunya kurang,” Antipasi kekurangan ini,kami terus berusaha untuk menambahnya serta mengharapkan bantuan dari pihak donatur, membantu menyumbangkan buku-buku yang dibutuhkan,” katanya.

Ursus menjelaskan selama ini Perpustakaan Ngabang banyak dikunjungi oleh mahasiswa, pelajar semua jenjang dan masyarakat. Bahkan ada yang meminta Perpustakaan ini tetap dibuka pada hari Sabtu meski hari libur kantor.

Sumber : Pontianak Post, Rabu 6 Februari 2019.