IKM Layanan Perpustakaan Meningkat Ditahun 2021

0
25
Publikasi IKM Bidang Pelayanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021

Bidang Pelayanan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yang mengelola Layanan Perpustakaan Umum Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2021 yang dilaksanakan periode Januari – Oktober 2021.

Pada Pelaksanaan SKM tersebut, jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 337 orang, yang terdiri dari 34% laki-laki dan 66% perempuan. Penetapan jumlah responden diperoleh sampel dari Krejcie and Morgan dengan jumlah populasi diambil dari jumlah pengunjung pada tahun 2020 sebesar 32.706 orang dengan rata-rata perbulan 2.725,50 orang. Sedangkan lokasi dan waktu pengumpulan data dilakukan di Gedung Pelayanan Perpustakaan pada waktu jam layanan sedang sibuk dan pengumpulan data secara online dilakukan setelah masyarakat/pemustaka mendapatkan layanan dengan mengirimkan alamat kuesioner online. Metode SKM mempergunakan pendekatan metode kualitatif dengan pengukuran menggunakan skala likert. Berdasarkan Hasil Pengolahan data SKM, nilai IKM Tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 11,32 % dari tahun 2019 dan naik sebesar 15% dari tahun 2020.

Berdasarkan unsur pelayanan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) keseluruhan yang tertinggi berdasarkan unsur pelayanan yaitu Kesesuaian / Kewajaran Biaya dengan nilai 92,80 (A). Sedangkan nilai IKM terendah pada Kualitas Sarana dan Prasarana dengan nilai 76,78 (B).

Sedangkan berdasarkan jenis layanan yang diterima responden/masyarakat, layanan permohonan Surat keterangan bebas pustaka/bebas pinjam memperoleh nilai IKM tertinggi dengan nilai 86,86 (B). Sedangkan jenis layanan dengan nilai IKM terendah yaitu layanan anak dengan nilai 76.19 (C).

Dari hasil SKM yang didapat kemudian ditindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan terhadap unsur pelayanan yang masih dianggap kurang maupun mempertahankan unsur pelayanan yang dinilai baik oleh masyarakat pengguna layanan sebagai bagian perbaikan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Untuk mendapatkan laporan lengkap Survey Kepuasan Masyarakat Bidang Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2021 dapat mengajukan permohonan disini

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini