Tim Perpusnas Menelusuri Naskah Kuno dan Kearifan Lokal Kalimantan Barat

0
102

Rabu, 17 Februari 2021, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Yuline Marhaeni, S.Sos., M.Si., menerima rombongan tamu dari Perpustakaan Nasional RI dalam rangka menelusuri (Hunting) keberadaan Naskah Kuno dan bahan perpustakaan yang berkaitan dengan kearifan lokal (Local Content) yang terbit di wilayah Kalimantan Barat.

Ketua rombongan Perpustakaan Nasional RI, Mujiani, S.Sos. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalbar yang telah bersedia menerima kunjungan rombongan Perpusnas RI. “Salah satu fungsi Perpustakaan Nasional RI adalah melaksanakan fungsi “Deposit”, yaitu menghimpun, menyimpan dan melestarikan seluruh terbitan daerah dan nasional serta terbitan luar negeri yang berkaitan dengan Indonesia, termasuk bahan perpustakaan yang berkaitan dengan khasanah budaya Kalimantan Barat, serta mengidentifikasi keberadaan naskah kuno yang dimiliki masyarakat/lembaga.” Demikian Mujiani menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan ke Kalbar.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Yuline Marhaeni, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada rombongan Perpustakaan Nasional yang telah berkenan berkunjung ke Perpustakaan Provinsi Kalbar. “Kami, Pemerintah Daerah Prov. Kalbar sangat serius dalam hal upaya melestarikan warisan budaya sebagaimana diamanatkan dalam UU Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Keseriusan ini salah satunya diwujudkan dengan menerbitkan regulasi berupa Perda dan Pergub. Kami akan terus berkomitmen dalam mengembangkan Perpustakaan Deposit sebagai wahana pelestarian warisan budaya bangsa bagi generasi yang akan datang.” Demikian disampaikan Yuline kepada rombongan Perpustakaan Nasional RI.

Pada kesempatan itu pula Yuline Marhaeni, didamping Kabid Deposit dan Pengembangan Koleksi, Veronika Derlina, dan Kasi Deposit, Herni Sriwati, menyerahkan beberapa buku hasil terbitan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalbar secara simbolis dalam rangka melaksanakan UU Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Rombongan tersebut berjumlah 4 (empat) orang terdiri dari: 1) Mujiani, S.Sos (Pustakawan Ahli Madya); 2) Drs. H. Arion, S.IPI., M.Si. (Pustakawan Ahli Madya; 3) Zakaria Guninda, S.Hum. (Pustakawan Pertama); dan 3) Zaskia Iin Suryani, A.Md. (Pustakawan Terampil)

Rombongan akan berada di Pontianak selama 4 hari (16 s.d. 19 Februari 2021). Selain bertemu dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, rombongan direncanakan akan mengunjungi beberapa penerbit swasta dan penerbit pemerintah yang ada di kota pontianak.

Di samping berkunjung ke beberapa penerbit, direncanakan pula menemui beberapa tokoh sejarah dan pejuang literasi Kalbar, di antaranya Syafaruddin Usman MHD.

Kontributor: Sahroni

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini