Kunang-Kunang Menerangi Perpustakaan Kalbar

0
15
Tampilan Dashboard Aplikasi Kunang-Kunang di Perpustakaan Kalimantan Barat
Tampilan Dashboard Aplikasi Kunang-Kunang di Perpustakaan Kalimantan Barat

Sejak Agustus 2020, Perpustakaan Kalimantan Barat yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Barat telah menerapkan Aplikasi Kunang-Kunang sebagai Sistem Manajemen Internet Perpustakaan. Hal ini dilakukan untuk untuk mendorong peningkatan kualitas layanan perpustakaan yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan serta sebagai alat monitoring dan evaluasi layanan perpustakaan. Selain itu juga untuk mendukung program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial oleh Perpusnas RI yang mana didalamnya terdapat peningkatan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Aplikasi kunang-kunang adalah sistem informasi manajemen internet perpustakaan untuk membantu perpustakaan dalam pengelolaan layanan internet, mendapatkan informasi aktual dan faktual terkait penggunaan layanan internet termasuk kunjungan perpustakaan melalui integrasi dengan sistem otomasi perpustakaan, menghasilkan informasi/bahan advokasi berbasis data/bukti, terkait peningkatan kualitas layanan internet dan kunjungan perpustakaan, dan melakukan pembatasan pengguna internet tamu (non anggota) yang diharpkan kunang-kunang dapat mendorong masyarakat umum untuk menjadi anggota perpustakaan.

Fitur dalam aplikasi kunang-kunang meliputi data pengguna internet perpustakaan yang spesifik, mencakup usia, waktu akses, kapasitas internet yang dapat diakses, hingga perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Aplikasi kunang-kunang juga dapat terintegrasi dengan sistem otomasi perpustakaan yang digunakan oleh Perpustakaan Kalimantan Barat, yaitu Inlislite. Sehingga menjadi layanan satu pintu untuk mendapatkan informasi terkait kunjungan perpustakaan dan penggunaan layanan internet perpustakaan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, aplikasi kunang-kunang juga dapat membatasi waktu akses dan kecepatan bandwidth pengguna internet perpustakaan antara anggota dan non-anggota.

Misalnya, untuk anggota dapat login dengan nomor anggota dan bisa mendapatkan akses internet tak terbatas dan dengan kecepatan bandwidth yang tak terbatas pula. Sedangkan untuk non-anggota, bisa login menggunakan nama dan nomor handphone, namun dengan waktu akses terbatas dan dengan kecepatan bandwidth yang terbatas pula.

Aplikasi ini juga terdapat fitur survey untuk mendapatkan umpan balik dari pengunjung perpustakaan terhadap kualitas layanan yang telah diberikan.

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini