Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 dilaksanakan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Letjen sutoyo No. 6 Pontianak.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan dilaksanakan secara nasional sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap profesi pustakawan baik yang bekerja di lingkungan perpustakaan pemerintah maupun perpustakaan swasta.

Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang pustakawan, terdiri dari pustakawan dari perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan umum kabupaten/kota, perpustakaan provinsi, dan perpustakaan khusus.

Seleksi dilaksanakan hari Selasa tanggal 11 Agustus 2020, meliputi karya tulis, tes kognitif, presentasi, dan wawancara. Para juri terdiri dari berbagai profesi, di antaranya unsur pejabat struktural di bidang perpustakaan, akedemisi di bidang ilmu perpustakaan, organisasi profesi pustakawan (IPI), pustakawan, dan unsur kepegawaian.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Barat, Drs. T.T.A. Nyarong, M.Si., dalam sambutannya, menyayangkan para pustakawan kurang partisipatif terhadap kegiatan ini, padahal jumlah pejabat fungsional pustakawan di Kalbar lebih dari 60 orang, ujar Kadis DPK.

Menurut Erwin Sitorus, S.Sos., Kabid Pengembangan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Pustakawan Terbaik I Tingkat Provinsi akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional. Namun mengingat situasi dan kondisi berkaitan dengan pandemi Covid-19, penyelenggaraan di Tingkat Nasional masih belum ada kepastian dari Panitia Pusat, dalam hal ini Perpustakaan Nasional, ujar Erwin Sitorus. (Sahroni)

Tinggalkan Balasan

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini