Perpusnas RI Mengadakan Sosialisasi Layanan Berbasis TIK di KalBar

0
26

Dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan online, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Karsipan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Layanan Berbasis TIK (Sosialisasi e-Resources, iPusnas, dan IOS).

Kegiatan Sosialisasi Layanan Berbasis TIK merupakan Sosialisasi e-Resources, iPusnas, dan IOS yang ditujukan kepada pengelola perpustakaan, dosen dan mahasiswa serta lembaga perpustakaan lainnya sebagai literasi informasi pemanfaatan dan penggunaan layanan perpustakaan berbasis digital.

  • Resources Perpustakaan Nasional RI adalah bahan perpustakaan sumber elektronis yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. E-Resources ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga negara Indonesia yang telah menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI.
  • Pusnas perpustakaan digital berbasis media sosial persembahan dari Perpustakaan Nasional yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia membaca ribuan buku tanpa batasan uang dan waktu.

Indonesia One Search atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi piblik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia.  Selain itu portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI.  Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiative) sebuah protokol pengambilan  meta data yang sudah digunakan oleh 75 % lebih repositori di dunia.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Ranu, 28 Agustus 2019, pukul 07.30 WIB, bertempat di BallRoom lantai 6, Hotel Gajah Mada, Jalan Gajah Mada Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here