Pontianak, 19 Mei 2024. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Drs. Sugeng Hariadi, MM. membuka acara kegiatan “Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Komunikasi (SPP TIK).

Dalam sambuatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, “Penguatan literasi merupakan salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh institusi perpustakaan. Perpustakaan Nasional melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang diinisiasi sejak tahun 2018 diharapkan dapat berkontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan dengan menyediakan akses informasi baik buku cetak atau digital dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Di tahun 2024 penguatan literasi melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial melakukan replikasi/ perluasan ke 10.000 Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) pada 500 Kabupaten/kota di 38 provinsi. Kalimantan Barat Mendapatkan Replikasi sebanyak 600 desa/kelurahan yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi kalimantan Barat. Dalam pembukaan kegiatan ini juga di hadiri Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Hendra Bachtiar, ST, MT.

Visi Indonesia tahun 2045 adalah terjadi transformasi Indonesia menjadi Indonesia emas, negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan. Visi tersebut merujuk pada arah Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025-2045.

Tema program di tahun 2024 ini adalah “Peningkatan Layanan Perpustakaan Desa dalam Memperkuat Kecakapan Literasi untuk Mendukung Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka”.