Salah satu kegiatan dari hari jadi Kota Pontianak adalah dengan menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan aneka kerajinan pokok telok se-kota Pontianak yang diikuti perwakilan PKK kecamatan UKM se-kota Pontianak.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari yaitu 2 sampai 4 September 2019 di aula UMKM Center Pontianak dan ditutup secara resmi oleh ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, Rabu (4/9).

Ketua Dekranasda Kota Pontianak mengatakan pelatihan pokok telok ini merupakan industri kreatif yang salah satu menjadi kerajinan khas daerah Kota Pontianak.

Lebih lanjut Yanieta mengungkapkan bahwa pokok telok ini selalu digunakan dikota Pontianak pada momen antaran pernikahan, hataman Alquran dan momen tradisional lainnya sehingga peluang sangat potensial bila dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan income sehingga peserta bisa membantu perekonomian keluarga.

Para pengrajin diminta juga untuk memanfaatkan momen ulang tahun kota pontianak dimana salah satu rangkaian kegiatannya adalah festival arakan pengantin sehingga para pengrajin bisa membuat pokok telok mewakili kecamatannya, menjelang ulang tahun Kota Pontianak.

Dengan dilaksanakan pelaksanaan ini Yanieta meminta juga agar peserta yang telah dilatih mampu merubah mindset, sehingga tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tatapi juga mampu berkreasi menciptakan pokok telok yang memiliki ciri khas masing-masing,” ibu bisa berkreasi, berinovasi sehingga pokok telok yang kite buat itu ciri khas tersendiri beda dengan yag lain,”ucapnya.

Sumber : Tribun Pontianak