SEKADAU-RK. Sebanyak 24 pelajar tingkat sekolah dasar dari sejumlah sekolah di Kota Sekadau dan sekitarnya mengikuti lomba bercerita di gedung Kateketik Kota Sekadau, Rabu (24/4). Lomba yang dihelat Dinas Kearsipan Kabupaten Sekadau ini diikuti pelajar kelas 4 dan 5.

Mereka saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Saat lomba, peserta diharuskan membawakan sejumlah cerita yang berisi tentang sejarah atau dogeng asli Sekadau maupun luar kabupaten Sekadau. Diantaranya soal cerita batu tinggi, batu kenyalau, nyai anta dan cerita lainnya.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan Sekadau, Nyipa mengatakan lomba tersebut digelar rutin oleh pihaknya. Tujuannya untuk merangsang minat baca masyarakat khususnya para pelajar. “Harapan kita kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca adik pelajar,”ujarnya.

Pemenang pertama dan kedua dari perlombaan tersebut akan mewakili Kabupaten Sekadau mengikuti lomba  serupa ditingkat provinsi. Lomba itu berlangsung dua tahap. Tahap pertama menyeleksi 10 terbaik yang akan mengikuti bahan final.” setelah itu baru akan kita carikan pemenangnya,” pungkas Nyipa.

Pelaksanaan lomba ini dibuka Asisten III Setda Sekadau, Sapto Utomo dan juga dihadiri para peserta, para dewan guru maupun pendamping para peserta.’ Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan lomba ini,” kata Sapto yang mewakili Bupati Sekadau.

 

Sapto berharap peserta bisa mengikuti lomba itu dengan baik ia juga berharap pemenag nantinya bisa mengharumkan nama Sekadau di tingkat provinsi.

 

Sumber: Rakyat Kalbar  Kamis  25 April 2019