Adapun susunan Organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 7 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 113 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat adalah sebagai berikut :

Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas memimpin, merumuskan, mengkoordinasikan, membina, mengarahkan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan pelaporan kegiatan  dinas  di  bidang  perpustakaan  dan  kearsipan  sesuai  ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  1. Penetapan program kerja di bidang perpustakaan dan kearsipan
  2. Perumusan kebijakan di bidang bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  3. Pelaksanaan pengkoordinasian  kegiatan  di  bidang  deposit,  konservasi, pengembangan  koleksi  dan pengolahan  bahan  perpustakaan, pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  4. Pembinaan dan  mengarahkan  kegiatan  di  bidang  deposit,  konservasi, pengembangan  koleksi  dan pengolahan  bahan  perpustakaan, pengembangan    perpustakaan,    tenaga    perpustakaan,    pembudayaan kegemaran membaca, pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  5. Penyelenggaraan kegiatan  di  bidang  deposit,  konservasi,  pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  6. Pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Dinas;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan terhadap penyelenggaraan kegiatan di Bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  8. Pemberian saran dan pertimbangan kepada  Gubernur berkenaan  dengan perumusan kebijakan di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan, pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pembudayaan  kegemaran  membaca,  pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan, pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip serta layanan perpustakaan;
  9. Pelaksanaan fungsi lain dan tugas pembantuan di bidang perpustakaan dan kearsipan yang diberikan oleh Gubernur sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Sekretariat;

Sekretariat  mempunyai  tugas  menyiapakan  bahan  perumusan  kebijakan  di bidang rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan administrasi kepegawaian, pengelolaan keuangan dan aset, serta bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud tersebut sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja di lingkungan sekretariat;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keuangan dan aset;
  3. Pengkoordinasian  dan   fasilitasi   terhadap   penyusunan   rencana   kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keuangan dan aset;
  4. Pemberian dukungan  pelayanan  administrasi  penyusunan  rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keuangan dan aset di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  5. Penyelarasan dan kompilasi penyusunan rencana kerja di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai ketentuan peraturan perundangundangan;
  6. Penyelenggaraan urusan dan pelayanan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keuangan dan aset di lingkungan Dinas sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan;
  7. Pengawasan  terhadap   pelaksanaan   tugas   dan   fungsi   di  lingkungan sekretariat;
  8. Pemberian saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang sekretariat;
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  10. pelaksanaan  fungsi  lain  di  bidang  kesekretariatan  yang  diserahkan  oleh Kepala Badan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Rencana Kerja, Monitoring dan Evaluasi;

Sub Bagian Rencana Kerja, Monitoring dan Evaluasi   mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Rencana Kerja, Monitoring dan Evaluasi mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Rencana Kerja, Monitoring dan Evaluasi;
  2. pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi di lingkungan dinas;
  3. pemberian  dukungan   terhadap   pelaksanaan   tugas   dan   fungsi  di lingkungan sekretariat;
  4. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi;
  5. pelaksanaan urusan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan 
  6. pengendalian  dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  di  Sub Bagian Rencana Kerja, Monitoring dan Evaluasi;
  7. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  sekretaris  berkenaan dengan   tugas   dan   fungsi   di   bidang   penyusunan   rencana   kerja, monitoring dan evaluasi;
  8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi;
  9. pelaksanaan fungsi  lain  di  bidang  rencana  kerja,  monitoring  dan evaluasi yang diserahkan oleh sekretaris.

Sub Bagian Umum dan Aparatur;

Sub Bagian Umum dan Aparatur, mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan di bidang umum dan aparatur serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana diatas, Sub Bagian Umum dan Aparatur mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Aparatur;
  2. pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang umum dan aparatur di lingkungan Dinas;
  3. pemberian dukungan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  di lingkungan sekretariat;
  4. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang umum dan aparatur;
  5. pelaksanaan urusan di bidang umum dan aparatur sesuai peraturan perundang-undangan;
  6. pengendalian  dan  pengawasan  tugas  di  Sub  Bagian  Umum  dan Aparatur;
  7. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  sekretaris  berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang umum dan aparatur;
  8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang umum dan aparatur;
  9. pelaksanaan  fungsi   lain   di   bidang   umum   dan   aparatur   yang diserahkan oleh sekretaris.

Sub Bagian Keuangan dan Asset.

Sub Bagian Keuangan dan Asset, mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan di bidang Keuangan dan Aset serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana diatas, Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Aset;
  2. pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang umum dan aparatur di lingkungan Dinas;
  3. pemberian dukungan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  di lingkungan sekretariat;
  4. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang Keuangan dan Aset;
  5. pelaksanaan urusan di bidang Keuangan dan Aset sesuai peraturan perundang-undangan;
  6. pengendalian  dan  pengawasan  tugas  di  Sub  Bagian  Keuangan dan Aset;
  7. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  sekretaris  berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang Keuangan dan Aset;
  8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang Keuangan dan Aset;
  9. pelaksanaan  fungsi   lain   di   bidang   Keuangan dan   Aset yang diserahkan oleh sekretaris.

Bidang  Deposit  Konservasi,  Pengembangan Koleksi  dan  Pengolahan Bahan Pustaka

Bidang Deposit, Konservasi, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Badan Perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas. Bidang Deposit, Konservasi, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan mempunyai tugas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis daerah di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan serta bertanggungjawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Deposit,    Konservasi,    Pengembangan    Koleksi    dan    Pengolahan    Badan Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan program kerja di Bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  2. b. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang deposit;
  3. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang  konservasi;
  4. penyiapan  bahan    dan    perumusan    kebijakan    teknis    di    bidang, pengembangan koleksi;
  5. pengkoordinasian dan pembinaan teknis kegiatan di bidang pengolahan bahan perpustakaan;
  6. pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  7. penyelenggaraan urusan  pemerintahan  di  bidang  deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. penyelenggaraan kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  kepala  Dinas berkenaan dengan fungsi dan tugas di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  1. pelaksanaan evaluasi  dan  pelaporan  terhadap  pelaksanaan  tugas  di bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  2. pelaksanaan fungsi  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Dinas  di  bidang deposit, konservasi, pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seksi Deposit

Seksi deposit mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis dibidang deposit serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi deposit mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan di Seksi Deposit;
  1. b. pengumpulan, pengolahan  bahan  dan  perumusan  kebijakan teknis di bidang deposit;
  2. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang deposit;
  1. d. pelaksanaan urusan  pemerintahan  di  bidang  deposit  sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang deposit;
  3. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang deposit;
  4. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang deposit;
  5. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang deposit yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Konservasi

Seksi konservasi mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan perumusan  kebijakan  teknis dibidang  konservasi  serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi konservasi mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan di seksi Konservasi;
  1. b. pengumpulan, pengolahan  bahan  dan  perumusan  kebijakan teknis di bidang konservasi;
  2. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang konservasi;
  1. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang konservasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang konservasi;
  3. f. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang konservasi;
  4. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang konservasi;
  5. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang konservasi yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan

Seksi konservasi mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan perumusan  kebijakan  teknis dibidang  konservasi  serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi konservasi mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana  kegiatan  di  seksi  pengembangan  koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  2. b. pengumpulan, pengolahan  bahan  dan  perumusan  kebijakan teknis di bidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  3. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  4. d. pelaksanaan urusan  pemerintahan  di  bidang  pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  6. f. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan;
  8. h. pelaksanaan fungsi lain  di  bidang  pengembangan  koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Bidang Pengembangan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca;

Bidang Pengembangan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca mempunyai tugas menyiapkan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan Perpustakaan, pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan, pengembangan pembudayaan kegemaran membaca serta bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang pengembangan perpustakaan tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca. Untuk melaksanakan tugas di atas maka bidang Bidang Pengembangan Perpustakaan, Tenaga  Perpustakaan  dan  Pembudayaan  Kegemaran  Membaca  mempinyai fungsi sebagai berikut :

  1. penyusunan  program    kerja    di    bidang    Bidang    Pengembangan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca;
  2. b. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  3. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  4. d. penyiapan  bahan    dan    perumusan    kebijakan    teknis    di    bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  5. e. pengkoordinasian  di   bidang   pengembangan   perpustakaan,   tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  6. f. pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai peraturan perundang- undangan;
  7. g. penyelenggaraan  urusan    pemerintahan    di    bidang    pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. h. penyelenggaraan  kegiatan   pelayanan   dan   administrasi   di   bidang pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  kepala  Dinas  berkenaan dengan fungsi dan tugas di bidang pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  10. pelaksanaan evaluasi  dan  pelaporan  terhadap  pelaksanaan  tugas  di bidang pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  11. pelaksanaan fungsi  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Dinas  di  bidang pengembangan perpustakaan, tenaga perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan;

Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatansesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan  rencana     kegiatan     seksi     pembinaan     dan pengembangan perpustakaan;
  2. b. pengumpulan, pengolahan  dan  perumusan  bahan  kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  3. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  4. d. pelaksanaan urusan  pemerintahan  di  bidang  pembinaan  dan pengembangan perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  6. f. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  8. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pebinaan dan Pengembangan Perpustakaan

Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan  rencana      kegiatan      seksi     pembinaan      dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  1. b. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan dan tenaga pengembangan perpustakaan;
  2. pelaksanaan koordinasi  dan  fasilitasi  di  bidang  pembinaan  dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  3. d. pelaksanaan urusan  pemerintahan  di  bidang  pembinaan  dan pengembangan tenaga perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  4. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  5. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  6. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  7. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Seksi pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan  rencana   kegiatan   seksi    pengembangan   dan pembudayaan kegemaran membaca;
  2. b. pengumpulan, pengolahan  dan  perumusan  bahan  kebijakan teknis di bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  3. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  1. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  2. f. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  3. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  4. h. pelaksanaan  fungsi    lain    di    bidang    pengembangan    dan pembudayaan   kegemaran   membaca   yang   diserahkan   oleh Kepala Bidang

Bidang Pelayanan Perpustakaan

Bidang Pelayanan Perpustakaan mempunyai tugas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis di bidang layanan perpustakaan, otomasi dan teknologi informasi, alih media serta bertanggungjawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi  di bidang pelayanan perpustakaan. Untuk melaksanakan  tugas  sebagaimana  di  atas,  maka  bidang  Pelayanan Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. a. Penyusunan program kerja di bidang Pelayanan Perpustakan;
  1. b. Menyiapkan bahan  dan  perumusan  kebijakan  teknis  di  bidang  layanan perpustakaan;
  2. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang bidang otomasi dan teknologi informasi;
  3. d. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang alih media;
  4. e. pengkoordinasian di bidang pelayanan perpustakaan;
  1. f. pembinaan dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  di bidang pelayanan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  2. g. penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pelayanan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  3. h. penyelenggaraan kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang pelayanan perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan;
  4. memberikan saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Daerah  berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pelayanan perpustakaan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas di bidang pelayanan perpustakaan;
  6. pelaksanaan fungsi  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Dinas  di  bidang pelayanan perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Layanan Perpustakaan;

Seksi layanan perpustakaan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah  bahan  kebijakan  teknis  di  bidang  Layanan  Perpustakaan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  di  atas,  Seksi Layanan Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi layanan perpustakaan;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang layanan perpustakaan;
  3. pelaksanaan  koordinasi    dan    fasilitasi    di    bidang    layanan perpustakaan;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang layanan perpustakaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang layanan perpustakaan;
  6. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan  dengan  tugas  dan  fungsi  di  bidang  layanan perpustakaan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang layanan perpustakaan;
  8. h. pelaksanaan fungsi  lain  di  bidang  layanan  perpustakaan  yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Otomasi dan Teknologi Informasi;

Seksi otomasi dan teknologi informasi mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang otomasi dan teknologi informasi serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi otomasi dan teknologi informasi mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana  kegiatan   seksi  otomasi  dan   teknologi informasi;
  2. pengumpulan, pengolahan  dan  perumusan  bahan  kebijakan teknis di bidang otomasi dan teknologi informasi;
  3. pelaksanaan koordinasi  dan  fasilitasi  di  bidang  otomasi  dan teknologi informasi;
  4. d. pelaksanaan  urusan   pemerintahan   di   bidang   otomasi   dan teknologi informasi sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan;
  5. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang otomasi dan teknologi informasi;
  6. f. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang otomasi dan teknologi informasi;
  7. g. pelaksanaan  monitoring   dan   penyusunan   laporan   terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang otomasi dan teknologi informasi;
  8. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang otomasi dan teknologi informasi yang diserahkan oleh Kepala Bidang

Seksi Alih Media

Seksi Alih media mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang alih media serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi alih media mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi alih media;
  2. pengumpulan, pengolahan  dan  perumusan  bahan  kebijakan teknis di bidang otomasi dan alih media;
  3. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang alih media
  4. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang alih media sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang alih media;
  6. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  Kepala  Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang alih media;

Bidang Pengawasan, Pembinaan dan Sistem Informasi Kearsipan;

Bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan mempunyai tugas   menyiapkan   bahan   dan   perumusan   kebijakan   teknis   di   bidang pengawasan,  pembinaan  dan  sistem  informasi  kearsipan  serta  bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan. Untuk melaksanakan tugas di atas maka bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. a. penyusunan program kerja di bidang Bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan;
  2. b. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pengawasan kearsipan;
  3. penyiapan bahan  dan  perumusan  kebijakan  teknis  di  bidang  pembinaan kearsipan;
  4. d. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang sistem informasi kearsipan;
  5. e. pengkoordinasian di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan;
  6. f. pembinaan dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan;
  7. g. penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. h. penyelenggaraan  kegiatan    pelayanan    dan    administrasi    di    bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. pemberian saran dan pertimbangan kepada kepala Dinas berkenaan dengan fungsi dan tugas di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan;
  10. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas di bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan;
  11. pelaksanaan fungsi  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Dinas  di  bidang pengawasan, pembinaan dan sistem informasi kearsipan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pengawasan Kearsipan;

Seksi pengawasan kearsipan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pengawasan kearsipan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi pengawasan kearsipan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi pengawasan kearsipan;
  2. b. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pengawasan kearsipan;
  3. pelaksanaan  koordinasi   dan   fasilitasi   di   bidang   pengawasan kearsipan;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengawasan kearsipan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di bidang pengawasan kearsipan;
  6. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan   dengan   tugas   dan   fungsi   di   bidang   pengawasan kearsipan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengawasan kearsipan;
  8. h. pelaksanaan fungsi  lain  di  bidang  pengawasan  kearsipan  yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pembinaan Kearsipan;

Seksi pembinaan kearsipan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan kearsipan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan  tugas  tersebut  seksi  pembinaan  kearsipan  mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi pembinaan kearsipan;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan kearsipan;
  3. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi di bidang pembinaan kearsipan;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pembinaan kearsipan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di bidang pembinaan kearsipan;
  6. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pembinaan kearsipan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pembinaan kearsipan;
  8. h. pelaksanaan  fungsi   lain   di   bidang   pembinaan   kearsipan   yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Sistem Informasi Kearsipan.

Seksi sistem informasi kearsipan mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pembinaan kearsipan serta mengendalikan   pelaksanaan   kegiatan   sesuai   dengan   tugas   dan fungsinya.  Untuk melaksanakan  tugas  tersebut  seksi  sistem  informasi kearsipan mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi sistem informasi kearsipan;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang sistem informasi kearsipan;
  3. pelaksanaan koordinasi  dan  fasilitasi  di  bidang  sistem  informasi kearsipan;
  4. d. pelaksanaan  urusan   pemerintahan   di   bidang   sistem   informasi kearsipan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di bidang sistem informasi kearsipan;
  6. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang sistem informasi kearsipan;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang sistem informasi kearsipan;
  8. h. pelaksanaan fungsi lain di bidang sistem informasi kearsipan yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Bidang Pengelolaan Layanan dan Pemanfaatan Arsip

Mempunyai  tugas  menyiapkan  bahan  dan  merumuskan  kebijakan  teknis  di bidang Pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip statis, Layanan dan Pemanfaatan Arsip serta bertanggungjawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip. Untuk melaksanakan tugas tersebut, bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan   program   kerja   di   bidang   Pengelolaan,   Layanan   dan Pemanfaatan Arsip;
  2. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan arsip dinamis;
  3. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan arsip statis;
  4. d. penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis di bidang layanan dan pemanfaatan arsip;
  5. e. pengkoordinasian di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip;
  6. pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip sesuai peraturan perundang-undangan;
  7. g. penyelenggaraan urusan  pemerintahan  di  bidang  pengelolaan,  layanan dan pemanfaatan arsip sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. h. penyelenggaraan  kegiatan   pelayanan   dan   administrasi   di   bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip sesuai peraturan perundang- undangan;
  9. pemberian saran  dan  pertimbangan  kepada  kepala  Dinas  berkenaan dengan fungsi dan tugas di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip;
  10. pelaksanaan evaluasi  dan  pelaporan  terhadap  pelaksanaan  tugas  di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip;
  11. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas di bidang pengelolaan, layanan dan pemanfaatan arsip sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.

Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;

Seksi   pengelolaan   arsip   dinamis   mempunyai   tugas   mengumpul   dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang pengelolaan arsip dinamis serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi pengelolaan arsip dinamis mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi pengelolaan arsip dinamis;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pengelolaan arsip dinamis;
  3. pelaksanaan koordinasi  dan  fasilitasi  di  bidang  pengelolaan  arsip dinamis;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengelolaan arsip dinamis sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di pengelolaan arsip dinamis;
  6. f. pemberian saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan arsip dinamis;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan arsip dinamis;
  8. h. pelaksanaan fungsi  lain  di  bidang  pengelolaan  arsip  dinamis  yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pengelolaan Arsip Statis;

Seksi pengelolaan arsip statis mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan  kebijakan  teknis  di  bidang  pengelolaan  arsip  statis  serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk   melaksanakan   tugas   tersebut   seksi   pengelolaan   arsip   statis mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi pengelolaan arsip dinamis;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang pengelolaan arsip statis;
  3. pelaksanaan koordinasi  dan  fasilitasi  di  bidang  pengelolaan  arsip statis;
  4. d. pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengelolaan arsip statis sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di pengelolaan arsip statis;
  6. f. pemberian saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan arsip statis;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan arsip statis;

Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip.

Seksi layanan dan pemanfaatan arsip mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis di bidang layanan dan pemanfaatan arsip serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Untuk melaksanakan tugas tersebut seksi layanan dan pemanfaatan arsip mempunyai fungsi :

  1. a. penyusunan rencana kegiatan seksi layanan dan pemanfaatan arsip;
  2. pengumpulan, pengolahan dan perumusan bahan kebijakan teknis di bidang layanan dan pemanfaatan arsip;
  3. pelaksanaan  koordinasi   dan   fasilitasi   di   bidang   layanan   dan pemanfaatan arsip;
  4. d. pelaksanaan  urusan    pemerintahan    di    bidang    layanan    dan pemanfaatan arsip sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. e. pengendalian dan  pengawasan  terhadap  pelaksanaan  tugas  dan fungsi di bidang layanan dan pemanfaatan arsip;
  6. f. pemberian  saran   dan   pertimbangan   kepada   Kepala   Bidang berkenaan dengan tugas dan fungsi di bidang layanan dan pemanfaatan arsip;
  7. g. pelaksanaan  monitoring    dan    penyusunan    laporan    terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang layanan dan pemanfaatan arsip;
  8. h) Kelompok Jabatan Fungsiona

Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari sejumlah Pegawai Negeri Sipil dalam jenjang  jabatan  fungsional  tertentu  berdasarkan  bidang  keahlian  dan keterampilan tertentu. Dipimpin oleh pejabat fugsional yang berada di bawah dan bertanggung jawab  langsung  kepada  Kepala  Badan  melalui Sekretaris.  Jenis jabatan fungsional  dan  jumlah  pemegang  jabatan  fungsional  akan  ditetapkan lebih  lanjut dengan  Peraturan  Gubernur  berdasarkan  formasi  melalui  analisis jabatan. Dilingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, sampai dengan saat ini ada 5 (lima) jenis jabatan fungsional, yaitu :

  1. Pustakawan
  2. Arsiparis;
  3. Penterjemah;
  4. Pranata Komputer
  5. Analis Kepagawaian